SONG

Kamis, 18 April 2013

Nilai Kelulusan Ujian Nasional 2013

Nilai Kelulusan UN SD, SMP, SMA/SMK

Kelulusan dari Satuan Pendidikan, kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditentukan oleh satuan pendidikan berdasarkan rapat Dewan Guru dengan menggunakan kriteria sebagai berikut:
  1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
  2. Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan;
  3. Lulus ujian sekolah/madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan
  4. Lulus Ujian Nasional
Nilai Kelulusan Ujian Nasional 2013

Peserta ujian dinyatakan lulus US/M SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB, dan SMK apabila peserta didik telah memenuhi kriteria kelulusan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan Nilai Sekolah. Pada pelaksanaan Ujian Nasional tahun pelajaran sebelumnya telah dilakukan satu perbaikan yang sangat mendasar, yaitu diintegrasikannya Nilai Sekolah (NS) dengan Nilai Ujian Nasional untuk penentuan kelulusan siswa dalam Ujian Nasional. Formula Nilai Sekolah sbb.: 
NS = 40% X NR + 60% x US
Keterangan :
NS  = Nilai Sekolah;
US = Nilai Ujian Sekolah
NR = Nilai Rata-rata Rapor

 
Nilai rata-rata Rapor, mewakili nilai dalam proses pembelajaran yang diperoleh peserta didik dari guru masing-masing mata pelajaran. Nilai Ujian Sekolah adalah nilai yang diperoleh peserta didik dalam ujian akhir pada masing-masing mata pelajaran, yang diselenggarakan oleh pihak sekolah.


Kelulusan dalam UN ditentukan berdasarkan Nilai Akhir (NA), dengan ketentuan: rata-rata NA = 5,5, dan NA untuk se­tiap mata pe­lajaran = 4,0. 
Formulanya nilai sbb:  
NA = 0,6 x NUN + 04 x NS.
Keteranbgan :
NA = Nilai Akhir;
NUN = Nilai Ujian Nasional;
NS = Nilai Sekolah
Untuk lebih jelas lihat contoh tabel Nilai Kelulusan UN 2013 dibawah ini:


Untuk lebih memahami syarat batas nilai kelulusan UN sekolah SD, SMP, SMA dan SMK silahkan download Kriteria kelulusan Ujian Nasional 2013 dari kemdiknas melalui Permendikbud No3 Tahun 2013.
 
http://1gratis.blogspot.com/2012/12/nilai-kelulusan-ujian-nasional-2013.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Visitor